Senin, 02 Juli 2012

SEPAK BOLA

PERMAINAN BOLA BESAR
A.SEPAK BOLA
1.Pengertian Sepak Bola
                Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola, dengan tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang tersebut agar tidak kemasukan bola. Di dalam memainkan bola, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan.
                Sepak bola merupakan permainan beregu yang masing-masing regu terdiri atas 11 pemain. Biasanya permainan sepak bola dimainkan dalam dua babak (2 x 45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit diantara dua babak tersebut. Mencetak gol ke gawang lawan merupakan tujuan dari setiap kesebelasan. Suatu kesebelasan dinyatakan sebagai pemenang apabila dapat memasukkan bola ke gawang lawan lebih banyak dan kemasukan bola lebih sedikit jika diandingkan dengan lawannya.
2.    Peraturan Permainan Sepak Bola
a.    Jumlah dan perlenkapan pemain
       Jumlah pemain sepak bola:
1)      Pertandingan dimainkan dua regu yang masing-masing terdiri atas 11 pemain.
2)      Pergantian pemain maksimal 3 orang dari suatu pertandingan.
3)      Dalam pertandingan lain, penggantian dapat dilakukan sampai 5 orang pemain.
4)      Pemain dapat bertukar posisi dengan penjaga gawang, asalkan mendapat persetujuan wasit seaktu pertandingan sedang berhenti atau bola mati.
Durasi Pertandingan
Pertandingan berlangsung 2 x 45 menit diselingi waktu istirahat 15 menit.
Durasi pertandingan tidak dihitung dalam kasus:
●      Pergantian pemain
●      Pemain cedera dan harus dibawa ke luar lapangan
●      Kasus lainnya
b.    Lapangan permainan
Lapangan:
Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang minimal 90m, maksimal 120 m. Lebar minimal 45 m, maksimal 90 m. Untuk pertandingan Internasional, panjang minimal 100 m, maksimal 110 m. Lebar minimal 64 m, maksimal 75 m.
c.  Bola di Dalam dan di Luar Lapangan
   Bola dianggap keluar dan menghentikan pertandingan bila melintas garis batas baik di tanah maupun saat melayang di udara. Permainan dihentikan oleh wasit.
d.   Bola Masuk atau Tidak Masuk Gawang
   Bola masuk ke gawang jika telah melewati garis batas gawang. Bola yang masih berada di garis batas gawang dinyatakan tidak masuk gawang.
e.    Offside
   Offside terjadi ketika seorang pemain mengoperkan bola ke arah pemain satu tim tanpa ada lebih dari satu pemain lawan yang berada diantara pemain penerima operan dan gawang lawan. Offside dinilai saat bola ditendang, bukan saat diterima.
f.   Tendangan Penalti
    Tendangan penalti diberikan ketika tim bertahan melakukan pelanggaran yang menyebabkan pemberian hukuman berupa tendangan langsung di dalam kotak pinalti. Semua pemain, kecuali penjaga gawang dan penendang, harus berada di luar kotak pinalti sekurang-kurangnya 9-15 mdari titik penalti. Penjaga gawang harus berdiri di garis gawang sampai bola ditendang.
g.    Hukuman Pemain     
    Kartu kuning atau kartu merah bisa dikeluarkan oleh wasit jika pemain bertindak kasar, melakukan kesalahan serius, atau menggunakan bahasa kasar. Kartu kuning adalah sebagai tanda peringatan dan kartu merah adalah pengeluaran pemain dari pertandingan.
h.   Lemparan Ke dalam (Thtow in)
   Lemparan ke dalam digunakan untuk memulai lagi permainan setelah bola keluar melewati garis pinggir. Lemparan ke dalam dilakukan dari titik tempat bola melintasi garis oleh tim yang tidak menendang bola melewati garis pinggir.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar