Senin, 02 Juli 2012

TEKNIK DASAR


       Teknik dasar sepak bola terdiri atas bermacam-macam gerakan. Keahlian ssorang dalam emainka bola sangatlah berguna untuk suatu pertandingan yang berkualitas. Teknik dasar permainan sepak bola dapat dibedakan sebagai berikut:
a.       Teknik tanpa bola (teknik badan)
Teknik badan adalah cara pemain menguasai gerak tubuhnya dalam permainan, yang menyangkut cara berlari, cara melompat, dan cara gerak tipu badan.
b.      Teknik dengan bola
Beberapa latihan yang menggunakan bola:
1)      Teknik menendang bola
Menendang merupakan factor terpenting dan utama dalam permainan sepak bola. Untuk menjadi seorang pemain sepak bola yang sempurna, perlulah pemain mengembangkan kemahirannya menendang dengan menggunakan kedua belah kakinya. Sebenarnya menendang adalah seni. Teknik ini memerlukan kemampuan mengukur jarak dan arah. Oleh karena itu, seorang pemain yang hendak menedang bola harus dapat mengukur sejauh manakah tendangannya dapat dicapai dan kearah manakah bola itu hendak dituju.
2)      Teknik menahan bola
Ada tiga macam jalannya bola, yang masing-masing memerlukan cara tersendiri untuk menahannya. Pertama bola menyusur tanah (groung ball), kedua bola memantul (bouncing ball) dan ketiga bola tinggi. Teknik menahan bola antara lain: (1)  Menahan bola menyusur tanah dengan kaki bagian dalam dan dengan telapak kaki, (2)  Menahan bola memantul dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, telapak kaki, dengan perut, (3)  Menahan bola di udara (tanpa jatuh ke tanah) dengan kaki bagian dalam, paha, dada, kepala dan punggung kaki.
3)      Teknik menggiring bola (dribbling)
Pada umumnya dribbling dilakukan dengan tiga cara, yaitu:  (1)  Menggiring bola dengan kaki bagian dalam, (2)  Menggiring bola dengan kaki bagian luar, dan (3) Menggiring bola dengan punggung kaki.


           

1 komentar: